Kisi-kisi UN SMP 2014 Bahasa Indonesia dan Inggris



BAHASA INDONESIA

Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
1.      Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
2.      Menentukan persamaan isi berita.
3.      Menentukan perbedaan penyajian berita.
4.      Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
5.      Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
6.      Menyimpulkan isi paragraf.
7.      Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
8.      Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
9.      Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
1.      Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
1.      Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
1.      Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
2.      Menulis pesan singkat sesuai konteks.
3.      Menulis laporan/pengumuman/resensi.
4.      Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
5.      Menulis rangkuman.
6.      Menulis teks berita sesuai konteks.
7.      Menulis slogan sesuai konteks.
8.      Menulis iklan sesuai konteks.
9.      Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
1.      Menulis teks pidato.
1.      Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
1.      Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
1.      Melengkapi pantun.
1.      Melengkapi puisi.
1.      Melengkapi naskah drama.

BAHASA INGGRIS

READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
1.      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
2.      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
3.      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
4.      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
5.      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
6.      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.

WRITING (Menulis)
1.      Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.      Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
3.      Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
4.      Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
5.      Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.

1 komentar:

  1. Tahukah kamu kalau pelopor makanan Jepang pertama di Indonesia kini telah hadir di Lampung, tepatnya di Lantai 1, Mall Boemi Kedaton, Jl. Teungku Umar, Kedaton, Bandarlampung. Cek ulasan lengkapnya HokBen Pertama di Sumatera

    Baca juga artikel ulasan saya lainnya di:

    - Review Buku Personal Branding
    - Blogger Blogger Panutan
    - Fakta Mantuidaman Blog
    - Milad Ke 2 Komunitas Tapis Blogger

    Terimakasih

    BalasHapus